Jumat, 11 September 2009

Meningkatkan Produksi ASI

Bagaimana caranya untuk meningkatkan produksi ASI? Beberapa cara di bawah ini yang sering digunakan istri saya untuk membantu meningkatkan produksi ASI, mungkin salahsatunya ada yang cocok dengan Anda yang sedang menyusui.


1. Seduhan daun pepaya

Sediakan daun pepaya yang tidak terlalu tua maupun tidak terlalu muda, remas-remas dengan jari dan masukkan ke dalam gelas. Seduh dengan air panas lalu saring airnya. Minum air remasan daun pepaya tadi. Istri saya meminum air daun pepaya ini 3 kali saja, masing-masing diminum 2 hari sekali. Alhamdulillah ASI jadi tambah banyak.


2. Katuk

Hampir semua orang tahu untuk meningkatkan produksi ASI bisa menggunakan katuk. Caranya bermacam-macam bisa disayur bening, ataupun olahan lainnya.


3. Kacang Ijo

Olahan bubur kacang ijo maupun minuman kacang-ijo yang dijual bebas di toko-toko bisa Anda gunakan juga untuk meningkatkan produksi ASI. Tapi istri saya kalo mengkonsumsi kacang ijo sering kena mastitis (baca artikel tentang mastitis di blog ini). Mungkin karena produksi ASI sangat berlebih sedangkan baby minumnya waktu itu ga begitu lahap karena sedang tumbuh gigi.


4. Massage Payudara

Di massage oleh orang yang berkompeten. Setelah melahirkan, ASI istri saya sangat sedikit dan ada kekhawatiran tidak bisa memberikan ASI. Namun dengan keinginan kuat segala upaya dilakukan termasuk salah satunya me-massage payudara. Entah karena ada sumbatan atau tidak, tapi setelah massage, aliran ASI lancar sekali.


5. Mengkonsumsi Susu Ibu khusus Menyusui

Tanpa maksud mengiklankan, istri saya mengkonsumsi Lactamil. Selama mengkonsumsi susu ini, produksi ASI sangat banyak.


6. Makan banyak

Jangan lupa, bayi minum ASI sehingga ibu menyusui-pun harus mengkondisikan keadaannya dengan mengkonsumsi makan yang banyak pula. Logikanya sekarang ibu menyusui jika makan, maka dia makan untuk dua orang, untuk dirinya dan juga baby.


7. Kukusan pepaya muda

Cara ini mungkin tidak akan Anda sukai karena harus makan pepaya muda yang dikukus. Pastinya pahit. Pepaya muda tinggal di kukus dan kemudian diiris untuk kemudian di makan.


Banyak cara untuk bisa memberikan ASI secara eksklusif, cara yang tidak enak dan cara yang enak. Harus makan yang pahit ataupun minum yang manis. Semuanya untuk memberikan ASI yang bagaimanapun tidak bisa digantikan oleh susu formula semahal apapun susu formula itu. Bukan berarti saya anti susu formula karena saya yakin, susu formula dibuat untuk membantu Ibu yang memiliki masalah dalam pemberian ASI.





Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...