Senin, 19 Oktober 2009

Jalur Evakuasi



Berapa dari Anda yang langsung memperhatikan pedoman di balik pintu kamar hotel?
Mungkin karena kelelahan atau pula ketidak pedulian, kadang kita mengabaikan yang satu ini. Padahal jalur evakuasi sangatlah penting jika terjadi hal-hal misalnya kebakaran, gempa dan lain-lain.

Pihak hotel menempatkan pedoman ini di belakang pintu setiap kamar hotel. Tidak butuh 1 jam saya kira untuk mencermati jalur evakuasi ini, mungkin kurang dari 1 menit saja, cukup untuk meluangkan waktu. Bersiap menghadapi segala kemungkinan daripada "riweuh" saat kejadian.

Selain jalur evakuasi, biasanya juga tertera pedoman lain yang harus dicermati semisal membawa handuk basah saat kejadian dan lain-lainnya. Kita tidak pernah tahu walau sama sekali kita juga tidak pernah menginginkannya.

Seandainya semua bangunan, bukan saja hotel tapi juga bangunan lain bahkan bangunan tempat tinggal memiliki jalur evakuasi seperti ini, kita pasti bisa meminimalkan kecelakaan fatal bagi kita. Seberapa sering kita mendengar adanya korban kebakaran yang meninggal karena terjebak tidak bisa keluar menyelamatkan diri? Seperti yang pernah terjadi di Tangerang, saat jam kerja, karena kelalaian yang menyebabkan kebakaran dan mengakibatkan kematian bagi karyawan-karyawannya yang berada di lantai atas, karena tidak adanya jalur evakuasi?

Belum lama ini saya memasuki pabrik sebuah perusahaan Jepang. Banyak sekali petunjuk akan jalur evakuasi. Hah ... mungkin sebagian besar dari kita masih menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tidak begitu pentingnya. Bahkan rambu lalu lintas pun kadang berubah fungsi menjadi kanvas lukisan ekspresi diri.

Semoga tidak pernah ada kelalaian dan kecelakaan berakibat fatal.




Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...